BELAJAR SEPUTAR PERBAIKAN DNT 2016 - GUGUS 09

"PUSAT INFORMASI KEDINASAN GUGUS 09"

Breaking

Kamis, 25 Februari 2016

BELAJAR SEPUTAR PERBAIKAN DNT 2016

Kawans,

Rabu (25/2) kemarin, utusan Gugus 09 SMP (Saya, Maman, Faizal, Rizki, Badrowi, dan Vincent) mendatangi Dinas Pendidikan Provinsi Banten terkait perbaikan kesalahan data di Daftar Nominasi Tetap (DNT) Peserta UN 2016.

Kami bertemu dengan Bapak Adang, beliau bertugas memegang kendali pendataan Ujian Nasional tingkat Provinsi. Ada hal-hal yang disampaikan seusai kami melakukan perbaikan, sambil kerja, kami banyak berbincang tentang pendataan ini. Mengapa bisa terjadi crash? Bagaimana sistem memperbaiki kesalahan? dan mengapa begitu rumit?
Pa Adang sedang "Jitak" Pa Maman
Harus Selalu Foto

Menurut Pa Adang, Sekolah saat ini sudah memiliki basis data di Dapodikdas. Dapodikdas ini sebagai tanda validitas dan kualitas pendataan yang dilakukan masing-masing sekolah. Jika sekolah asal-asalan dalam melakukan pendataan, maka dampaknya akan sangat terasa, bukan hanya masalah DNT yang kacau, tetapi juga berkaitan dengan hal-hal lain terkait sekolah.

 Dinas Pendidikan Provinsi bekerjasama dengan Kemendiknas (Pusat) dalam hal ini. Pusat menarik data langsung (basis kepercayaan bahwa sekolah sudah melakukan validasi) kemudian dimasukkan sebagai DNT, dan dioperasikan di BIOUNSMP. Jadi ketika terjadi kesalahan data, ada proses yang cukup rumit untuk mengadakan perbaikan.
Kita Bawa Pasukan 8 Orang

Dari beberapa SMP di Gugus 09, terdapat kesalahan data variatif. Ini terkait juga dengan proses kerja kita sebagai Operator Sekolah. Kesalahan paling banyak adalah NIS dan NISN yang kosong. NIS bisa diperbaiki via dapodikdas, namun harus sebelum DNS diterbitkan. Sedangkan NISN harus melalui proses singkron, kemudian verval data, selanjutnya konfirmasi data dan kemudian singkron ulang atau reinstall dapodikdas menggunakan Prefile baru hasil dari verval PD (proses capai 2x24 Jam). Sedangkan tanggal lahir, tempat lahir dan nama orang tua, kesemuanya bisa diselesaikan dengan perbaikan di Dapodikdas, tentu dengan jangka waktu yang singkat juga, sebelum terbitnya DNS. Perkiraan DNS terbit adalah bulan September. So, data harus sudah valid setiap bulan itu.


Pelajarannya:
Data harus valid (khusus untuk kelas 8, minimal)
Operator jadi lebih banyak tugasnya.
Gajinya harus diperbaiki :D
Ini niatnya cuma pamer kalau DNT sudah diperbaiki, kalau ada kesalahan lagi, maka harus dipastikan kesalahannya dan berangkat ke Dindik Provinsi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar